Contoh Latar Belakang Thesis


1.1  Latar Belakang
      Kemajuan teknologi informasi yang begitu cepat dan pemanfaatan yang terus menerus dari waktu ke waktu, dengan persaingan bisnis yang semakin hari semakin ketat, kecepatan dan keakuratan informasi para pelaku bisnisnya sendiri maupun oleh masyarakat dan Pemerintah, senantiasa dituntut terus untuk menemukan cara dan strategi-strategi untuk bisa lebih unggul meghadapi persaingan dibidangnya masing-masing. Penerapan teknologi informasi pada proses bisnis suatu organisasi dipandang sebagai salah satu solusi yang nantinya akan dapat meningkatkan tingkat persaingan organisasi.
      Pengembangan sistem informasi yang tidak terencana secara sistematis akan mengakibatkan organisasi tidak memiliki skala prioritas proyek pengembangan Sistem Informasi.  Cara seperti ini akan berdampak pada penurunan produktifitas organisasai. Selain besarnya biaya yang dikeluarkan tidak sedikit untuk pemeliharaan hardware, Software dan brainware, dampak terburuk adalah menurunnya tingkat kepercayaan terhadap informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi yang kurang terpercaya serta terjadinya kelebihan informasi, redudancy data dan inconsistency data akibat penerapan sistem informasi yang kurang tepat.
Jika sebuah Perguruan Tinggi  memiliki rencana strategis yang baik, maka resiko yang terkait dengan pengambilan keputusan tentang sistem informasi dan teknologi informasi dapat dikurangi. Namun demikian banyak Perguruan Tinggi yang tidak menganggap perencanaan strategis ini penting karena mereka tidak memiliki pengalaman dan informasi yang tepat dalam perencanaan strategis sistem informasi dan teknologi informasi.
Akibat yang fatal apabila seorang Pimpinan/Direktur salah mengambil keputusan karena tidak akuratnya informasi yang disajikan oleh sistem informasi (menyimpan dari data sesungguhnya) (Titthasiri, 2000). Selain itu kelemahan penerapan sistem informasi yang kurang pas adalah terjadinya kelebihan informasi yang tidak diperlukan dalam organisasi, seperti dalam hal entry data, sehingga apabila dilihat dari kacamata manajemen hal ini tidak efesien dan
Hal ini diperlukan karena hingga saat ini STKIP Muhammadiyah Pringsewu belum mempunyai suatu perencanaan Sistem Informasiyang jelas namun adakinginan dari pihak pemilik organisasi untukmemanfaatkan kelebihan Sistem Informasi, sehinggapengembangan Sistem Informasiyang akan dilakukan olehorganisasi sering menghadapi banyak kendalautama dalam menentukan prioritasnya. Sejalandengan perubahan kebijakan-kebijakanorganisasi yang diikuti pula perubahaan perandan fungsi sistem informasi, maka permasalahanyang timbul adalah sebagai berikut :
1.    Kurangnnya perencanaan awal.
2.    Kurangnya Material.
3.    Ada Sistem Informasi yang dimanfaatkan oleh manajemen dalam pengambilan keputusan namun belum terperinci dalam perencanaan strategisnya.
4. Ada wadah (lembaga) untuk menampung keinginan pihak Pimpinan dalam mengembangkan otomasi/komputerisasi organisasi namun belum efisien dalam mengejar ketertinggalan STKIP Muhammadiyah Pringsewu dalam implementasi Sistem Informasi.

Hal-hal diatas timbul karena belumadanya suatu perencanaan strategis sistem informasi danteknologi informasi STKIP Muhammadiyah Pringsewu yang terpadu, yang memberikanarahan yang jelas dalam mendukung visi, misiorganisasi.Berdasarkan latar belakang dan kondisiSistem Informasi dari organisasi, maka permasalahan yangakan dibahas dalam penelitian ini adalahbagaimana menyusun suatu usulan perencanaanstrategis sistem informasi dari STKIP Muhammadiyah Pringsewusehinggaperanan Sistem Informasi dapat lebih optimal dalammendukung kinerja organisasi.

keywords : thesis, tesis, contoh latar belang tesis, s2

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Latar Belakang Thesis"

Post a Comment