Memperbaiki Charger Laptop



Berikut ini ciri-ciri dan solusi kerusakan pada adapter laptop yang berkedip :

a). Gunakan atau cari adaptor laptop dengan merk sama, jika adaptor masih sama masih dalam keadaan berkedip atau tidak mau menyala sama sekali atau perbedaan warna lampu pada saat tidak rusak dengan rusak maka dapat dipastikan komponen didalam laptop ada yang rusak atau korslet.

b). Gunakan alat multitester untuk mengukur apakah tegangan pada adaptor laptop masih dalam keadaan normal yaitu sesuai dengan voltase dan arus yang tertulis di label adaptor laptopnya.

Dalam hal ini biasa dilakukan oleh para teknisi laptop untuk mengetahui apakah adapter atau mainboard laptopnya yang memang benar-benar sudah rusak.

Solusi jika menemui masalah dari adaptor laptop yang berkedip :

1). Jika memang masih memiliki garansi, bawalah laptop anda ke service center terdekat
2). Jika memang sudah habis masa garansinya, bawalah laptop anda ke tempat service kepercayaan anda.
3). Jika memang hanya adaptornya yang rusak anda bisa saja membeli adaptor laptop yang baru. Kalau anda punya uang lebih...

Tapi jangan kuatir kita bisa memperbaikinya sendiri:
Langkah pertama :
Siapkan alat alat yang kita butuhkan seperti:
- Solder
- Tenol
- Multitester
- Sedotan timah
- Cutter
- Obeng min (-)
- Dan alat lain yang nantinya akan kita butuhkan untuk membongkar charger laptop ini.
Alat-alat tersebut yang nantinya akan kita buat untuk mengekskusi adaptor laptop tersebut.

Langkah kedua :
Bongkar adaptor laptop tersebut agar kita dapat melihat isinya. untuk cara membongkar adaptor / charger laptop tersebut tunggu artikel selanjutnya.
Setelah dibongkar perhatikan bagian dari komponen komponennya.
- Lihat elco - elco apakah ada yang menggembung atau bocor. Jika ada silahkan ganti dengan ukuran yang sama.
- Periksa NTC dengan multitester putus atau tidak.
- Periksa Fuse apakah putus,jika putus diganti baru.
- Periksa dioda bridge dari jalur input AC
- Lepaslah Mosfet yang menempel diheatsink, ukur menggunakan multitester. biasanya Mosfet ini yang sering rusak. maka gantilah dengan yang baru. bisa diganti dengan seri IRF830 atau sejenisnya. 
- Periksa dioda schotky di area sekunder bentuknya seperti transistor berkaki 3 dioda ini biasanya seri MBR20200CT bila dioda ini short ganti dengan yang baru atau sejenisnya.
- Periksa komponen lainnya jika belum bisa dihidupkan. Periksa juga IC PWM Biasanya memakai IC UC3843 biasanya pecah atau terbakar.

Langkah ketiga :
 Setelah dilakukan penggantian komponen komponen yang rusak kini sa'atnya kita menguji adaptor tersebut. Hati hati sa'at menguji jangan menyentuhnya karena tegangan tinggi sangat berdekatan jaraknya dengan Ouput tegangan rendah. Sambungkan atau colokkan input Tegangan AC ke Jaringn listrik rumah anda, Ukur tegangan bagian output charger tersebut apakah sudah mengeluarkan tegangan biasanya 19.5 Volt DC. Jika sudah berarti perbaikan adapter / charger laptop tersebut sudah berhasil kemudian cabut kabel AC 220 Volt atau matikan. Setelah diuji dan berhasil maka tutuplah kembali atau masukan kembali kedalam kotak adaptor / charger tersebut.
 Katakunci : Cara Memperbaiki / Repair Adaptor / Charger Laptop yang Rusak / Mati Total

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memperbaiki Charger Laptop"

Post a Comment