Alat / Software Wajib Blogger untuk Mempermudah Menulis Blog

Beberapa tool/ software wajib blogger ini harus dimiliki guna mempermudah menulis blog, posting artikel tanpa harus online pada blog. Tool ini terdiri dari software yang bisa diinstal pada komputer atau extensi tambahan pada browser berupa add on firefox, chrome extension, opera extension hingga safari extension. Dengan tool blogging ini Anda bisa menulis, mengedi, preview blog dengan leluasa dan baru setelah siap bisa dipublish baik secara remote (melalui blog client pada software) maupun copy paste manual (baca juga cara ampuh mencegah copy paste). 


Di antara keuntungan menggunakan software blogging ini adalah kita tidak harus selalu online dan menulis langsung di blog yang tentunya memerlukan koneksi internet, tulisan yang kita buat dapat pula menjadi back up atau salinan yang masih bisa disimpan sebagai data pada komputer, serta memberikan keleluasaan yang tak terbatas dalam membuat dan mengedit postingan termasuk beragamnya blogging flatform yang di support dari mulai blogspost, wordpress, typepad,  hingga Live journal. Berikut adalah beberapa tool dan software wajib dimiliki untuk mempermudah menulis blog bagi blogger.

Software Blog Editing

Windows Live Writer, masih jadi yang terbaik versi saya.   Fiturnya paling lengkap dari mulai WYSIWYG (What You See Is What You Get) yang jelas bermanfaat bagi  yang kurang paham kode HTML, hingga banya blogging flatform yang disupport seperti blogger (blogspot), WordPress baik wordress.com maupun wordpress self hosting, TypePad, LiveJournal, DasBlog dan masih banyak lagi. Selain itu, Windows Live Writer atau biasa disebut Writer ini juga memili fitur auto-save draft yang mampu saving tulisan secara periodik sehingga tulisan tidak akan hilang. Meskipun kabarnya software ini sudah tidak dikembangkan lagi oleh microsoft, versi terakhir adalah Windows Liver Writer 2012, tapi jangan khawatir aplikasinya bisa berjalan normal hingga Windows 8.1, termasuk tulisan yang saya buat ini. Yang tertarik bisa download Windows Live Writer di sini.


Zoundry Raven, dengan software ini Anda tinggal menambahkan alamat blog kemudian zoundryraven secara otomatis akan menentukan platform blog dan setting API pada blog tersebut. Software ini juga bisa berfungsi sebagai backup blog yang bisa mendownload hingga 500 entri data blog sebagai cadangan data ke komputer. Blog editingnya juga dilengkapi dengan WYSIWYG dan HTML manual serta kelebihan lainnya bisa dijalankan secara portable tanpa install. Dapatkan Zoundry Raven di sini.

ScribeFire, berbeda dengan 2 software sebelumnya ScribeFire adalah addon tambahan pada browser dan sudah tersedia bagi pengguna Chorme, Mozilla Firefox, Safari dan Opera. Kelebihan utamanya adalah tentu karena add on ini terintegrasi pada browser sehingga tidak perlu ribet berpindah windows dan Anda bisa menulis blog sambil browsing dengan leluasa. Tinggal pilih dan seleksi teks, klik kanan dan klik “Blog This” Anda langsung bisa menambahkan judul atau subjek blog dengan mudah. Tapi ingat, jangan asal CoPas sembangan ya (baca juga kode dan cara mematikan klik kanan browser).  Bagi yang ingin mencoba, silahkan download ScribeFire di sini halloguru merupakan tool bloggin lainnya dengan fitur cukup lengkap seperti upload otomatis (FTP, imageshack), integrasi dengan firefox, Internet Explorer, Word, sharp Reader dan lain-lain. Selain itu salah satu fitur uniknya adalah Quick Snippets yang mampu menulis otomatis teks umum yang sering dipakai dan auto link kepada sumber, download Post2Blog.


Aplikasi Link Building Otomatis

Zemanta, aplikasi ini dapat membantu  menjadikan konten blog post kita lebih kaya. Zemanta mampu mengenali topik blog kita dan memberikan saran link yang berkaitan. Cukup tulis artikel, klik ikon toolbar Zemanta dan pilih artikel yang ingin dikaitkan. Aplikasi ini juga sudah terintegrasi pada addon ScribeFire atau bisa digunakan secara terpisah. Zemanta untuk blogger.
Setidaknya itulah, beberapa tool/ software wajib untuk blogger guna mempermudah menulis blog yang pernah saya pakai. Selain itu memang masih ada beberapa tool populer sejenis, namun saya sendiri belum mencobanya. Tapi untuk keperluan referensi mudah-mudah dapat menambah wawasan Anda. Berikut aplikasi blog editing lainnya:
BlogDesk (http://www.blogdesk.org/)
Qumana (http://www.qumana.com/)
Thingamablog (http://www.thingamablog.com/)
BlogJet (http://www.blogjet.com/)
Veeeb (http://www.veeeb.com/blog/veeebeditor-downloads/)
Deepest Sender (http://deepestsender.mozdev.org/)

sumber : https://blog.finderonly.net

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alat / Software Wajib Blogger untuk Mempermudah Menulis Blog"

Post a Comment