Cara Melacak HP Hilang

Cara Melacak HP dengan IMEI


Berikut adalah 4 cara melacak hp yang hilang menggunakan IMEI.

1. Hubungi Operator

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah mendatangi service center operator anda (operator kartu sim handphone yang hilang), dan informasikan bahwa anda ingin mencari ponsel hilang, beritahu juga nomor IMEI nya.
Ada kemungkinan pihak operator meminta surat keterangan hilang dari Polisi. Maka dari itu baiknya sebelum mendatangi operator, datangi dulu kantor polisi dan buatlah surat keterangan hilang supaya tidak bolak balik. Tenang saja, semua kantor polisi melayani pembuatan surat keterangan hilang tanpa dipungut biaya.
Operator bisa dengan akurat men-track lokasi handphone anda kalau handphone itu nyala dan ada kartu SIM didalamnya. Kartu SIM otomatis akan terhubung ke tower terdekat (nomor IMEI-nya tercatat), dan provider tentu bisa melacak lokasinya.
Kalau hp anda dicuri, dan si pencuri sengaja mengganti kartu SIM atau mematikan handphone, mungkin provider hanya bisa melacak lokasi terakhir saat kartu SIM anda belum dikeluarkan.

2. Google Find My Device (khusus Android)


Berhubung hampir semua handphone sekarang terkoneksi ke akun Google, maka kemungkinan besar anda bisa menggunakan cara ini. Cara ini sebenarnya tidak membutuhkan nomor IMEI, tapi kami tahu ponsel android anda baru saja hilang, jadi simak dengan baik!
Buka situs Google Find My Device, maka akan tampil peta beserta lokasi handphone anda. Akan ada tiga opsi yaitu bunyikan suara, amankan handphone, dan hapus data.
Saran kami adalah langsung amankan handphone dengan cara klik “SECURE DEVICE”. Dengan ini handphone anda akan langsung terkunci dan otomatis sign-out akun google. Jangan khawatir, anda tetap bisa melacak lokasinya meskipun sudah di sign-out.
Setelah diamankan, anda bisa cari hp anda sesuai lokasi yang ditampilkan di peta. Ketika sampai di lokasi, anda bisa klik “PLAY SOUND” untuk membunyikan hp dan menangkap basah si pencuri.
Kalau kedua cara diatas tidak berhasil, atau anda tidak perlu menemukan hp-nya, anda juga bisa klik “ERASE DEVICE” untuk menghapus semua data didalam handphone anda.
Di zaman yang serba digital ini, kami rasa menghapus semua data adalah langkah yang tepat untuk mengamankan data pribadi anda. Kenapa? Karena hp bisa dibeli lagi, tapi sekalinya data pribadi tersebar, akan sangat sulit untuk mengatasinya.
Perlu diingat, untuk mengakses fitur Find My Device, anda butuh jaringan internet, dan handphone yang kecurian juga harus dalam keadaan aktif.
Nah tapi kalau si pencuri sengaja mematikan handphone dan menghapus semua data akun, fitur ini bisa memberitahu lokasi terakhir yaitu sebelum handphone dimatikan dan data dihapus (yang kemungkinan besar adalah rumah si pelaku).

3. Find My iPhone (khusus iPhone)

Sebenarnya aplikasi ini mirip dengan Google Find My Device. Aplikasi ini bisa digunakan oleh anda yang punya iPhone iOS 5 keatas, memiliki Apple ID, sudah install aplikasi Find My iPhone, dan terkoneksi dengan internet.
Simak beberapa langkah yang harus dilakukan:
  1. Pilih menu Settings iCloud Find My iPhone.
  2. Selanjutnya, kunjungi situs iCloud kemudian login dengan menggunakan Apple ID anda.
  3. Kemudian, pilih menu Find My iPhone dan secara otomatis aplikasi ini akan melacak keberadaan lokasi iPhone anda secara akurat dan pastikan terhubung dengan internet.
  4. Apabila tidak terhubung ke internet, anda bisa mengaktifkan pilihan agar anda menerima email tentang lokasi iPhone pada peta dengan segera setelah iPhone kembali terhubung ke internet.
  5. Jika anda pilih pada bagian titik lokasi iPhone di peta, anda akan diberi tiga pilihan, anda bisa memutar suara, mengirim pesan dan menghapus semua data pribadi dan juga anda bisa mengunci iPhone dari jarak yang jauh.

4. iHound (khusus iPhone)

Aplikasi ini berfungsi ketika anda sudah mengunduhnya, aplikasi ini sangat berguna ketika iPhone anda mengalami kehilangan diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
Aplikasi ini akan mengirimkan peringatan secara otomatis melalui email yang menyatakan bahwa iPhone anda sedang berada di suatu tempat setiap kali pencurinya menghubungkan iPhone ke komputer mereka. 
Nah itulah beberapa penanganan darurat yang bisa segera diterapkan untuk melacak handphone anda yang hilang, baik itu Android maupun iPhone. Jangan pernah menyimpan data sensitif, simpan handphone dengan baik, dan waspadai jambret di segala situasi.
Jika ada pertanyaan silahkan di lontarkan di kolom komentar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Melacak HP Hilang"

Post a Comment