Cara Remote Mikrotik Jarak Jauh Menggunakan IP CLOUD

Halloguru - Kali ini akan berbagi Cara Remote mikrotik jarak jauh menggunakan IP Cloud. Cara ini adalah cara yg paling jitu & yang paling admin rekomendasikan utk anda karena sangat aman dan pasti bisa. Sebenarnya ada 2 cara lagi utk remote mikrotik jarak jauh selain menggunakan ip cloud seperti yg admin bahas di tutorial ini yaitu menggunakan IP Publik dan Team Viewer, namun ke dua cara tersebut memiliki kekurangan, salah satu kekuarangan-nya adalah sebagai berikut:
  • Tidak semua ISP memberikan fasilitas IP Public kepada client,
  • Ada banyak sekali routerboard mikrotik yang menggunakan modem sebagai koneksi internet, sehingga IP Publicnya sering berubah-ubah setiap hari, bahkan setiap jam dan tak menentu.
  • Jika kita menggunakan team viewer, harus ada satu buah komputer yang terhubung dengan mikrotik dalam satu jaringan dan selalu menyala.

Karena ke tiga alasan itulah, ada banyak sekali routerboard mikrotik yang tidak bisa di akses jarak jauh, namun tak usah khawatir di tutorial kali ini kita akan belajar cara untuk mengakses mikrotik jarak jauh tanpa harus menggunakan IP Public dan team viewer, hanya menggunakan fitur bawaan mikrotik saja yaitu IP Cloud, baiklah berikut caranya :

1. Tahap Awal
Sebelum melakukan tutorial ini, pastikan mikrotik sudah terhubung dengan internet ya, jika belum konfigurasi terlebih dahulu, caranya bisa kalian lihat di artikel 9 Konfigurasi Untuk Menghubungkan User Mikrotik ke Internet, Jika sudah terhubung dengan internet, langkah pertama adalah login terlebih dahulu ke mikrotik, di sini saya menggunakan winbox.

2. Mengaktifkan IP Cloud
Di halaman utama mikrotik klik menu IP lalu klik Cloud, sehingga akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, lalu di tampilan tersebut tandai DDNS Enable dan Update Time, jika sudah klik Apply.



DDNS Enable di gunakan untuk mengaktifkan fitur IP Cloud
Update Time : Di gunakan untuk mengecek perubahan IP Public dan agar selalu Update setiap kali IP Public berubah.



Jika berhasil maka kolom Public Address dan DNS Name akan terisi secara otomatis, seperti gambar di atas

Catatan!! Untuk keamanan, rahasiakanlah DNS Name mikrotik kalian dari siapapun, karena DNS Name untuk setiap routerboard mikrotik sangatlah unik, yaitu berbeda dengan yang lain, mudahnya satu buah routerboard mikrotik hanya memiliki satu buah DNS Name saja dan tidak akan pernah berubah.

3. Jika Gagal
Jika Kolom Public Address dan DNS Name masih tetap kosong, coba cek konfigurasi firewall NAT Masquerade yang sedang di gunakan, Jika lebih dari satu, matikan terlebih dahulu konfigurasinya dan sisakan satu buah konfigurasi yang paling utama dan sangat di butuhkan saja, dan coba lakukan kembali poin ke 2.

4. Versi Script
Untuk versi scriptnya, kalian cukup menuliskan script ini saja :
 ip cloud set ddns-enabled=yes update-time=yes

5. Percobaan
Jika IP Cloud sudah aktif dan kalian sudah mendapatkan DNS Name, maka mikrotik sudah bisa di akses di mana saja selama terkoneksi dengan internet. Untuk cara mengakses mikrotik menggunakan DNS Name sangatlah mudah, kita hanya perlu mengganti IP Address pada kolom Connect To di winbox dengan DNS Name yang sudah di dapatkan



atau jika menggunakan web browser, cukup dengan menuliskan DNS Name di kolom address bar web browser, contohnya seperti ini :



6. Jika sampai nomor 5 tapi masih belum bisa, silahkan isi di tab Ip - Address tambahkan ip public yang di dapatkan dari langkah nomor 2. Terserah di tambahkan di Ethernet mikrotik nomor berapa saja (dalam contoh ini karena Ethernet/port mikrotik 1, 2, 3, 4 sudah saya pakai, maka saya tambahkan di Ethernet 5).

Demikian artikel pembahasan kali ini. Dengan cara ini anda bisa meremote mikrotik anda di kantor dari jarak jauh dimanapun anda berada asalkan ada internet. Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Remote Mikrotik Jarak Jauh Menggunakan IP CLOUD"

Post a Comment