membuat kabel lan rj45

Cara Mudah Belajar Urutan warna kabel LAN, Straight through, Cross over, dan roll over cable Pada umunya mungkin kita hanya mendengar 2 Teknik pengkabelan khususnya yang sering di ajarkan di sekolah menengah yaitu Stright dan Cross Over. Namun taukan kalian bila ada satu lagi Teknik pengkabelan yang mungkin jarang kita dengar yaitu  Roll over.

Dalam Pemasangan Kabel dengan Kabel UTP, seringkali kita  menghadapi  masalah  yang  terlihat sepele, namun dapat mengakibatkan kesalahan yang fatal di kemudian hari. Untuk sebagian orang memasangkan kabel UTP dengan konektor RJ45 asal kedua ujungnya memiliki susunan  warna yang sama, sudah pasti bukan masalah. 

Namun dalam membangun sebuah jaringan komputer yang besar dan kompleks yang mengikut sertakan banyak orang, tentulah hal tersebut dapatmenjadikan suatu masalah dan pasti akan terjadi kebingungan. Maka dari itu haruslah dilakukan standarisasi pemasangan. 

Kita tidak usah susah-susah menciptakan aturan standard sendiri, karena sudah ada lembaga yang mengatur hal tersebut yaitu TIA/EIA,  dan tinggal kita mengikutinya. 

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) yang sering digunakan untuk Jaringan komputer LAN adalah Kabel UTP Categori 5 (UTP Cat 5) yang secara praktis dapat mendukung tranfer data sampai 100 Mbps. UTP Cat 5 terdiri dari 4 Pasang Kabel berwarna atau 8 kabel Tunggal.

Urutan warna kabel LAN, Straight through, Cross over, dan roll over cable

Adapun urutan warna yang digunakan dalam setiap teknik pengkabelan itu, tentunya berdeda-beda. sesuai dengan judul artikel kali yaitu Cara Mudah Belajar Urutan warna kabel LAN, Straight through, Cross over, dan roll over cable, langsung saja kalian simak urutan warna kabel tersebut dari setiap teknik pengkabelan, beserta Fungsinya

1. Straight through

Artinya ujung kabel yang satu dengan ujung kabel yang lainnya memiliki urutan kabel yang sama. Tipe ini digunakan untuk menghubungkan antara PC ke Switch, Router ke Switch, Router ke HUB dan PC ke HUB, tipe ini digunakan untuk hubungan 2 komputer atau lebih.

seperti gambar dibawah dijelaskan bahwa ujung kabel yang satu dengan ujung kabel yang lainnya memiliki urutan kabel yang sama, urutannya adalah :




2. Cross over

Pada tipe ini ujung kabel yang satu dengan ujung kabel yang lainnya memiliki urutan kabel yang tidak sama. Tipe ini digunakan untuk menghubungkan antara PC ke PC, Switch ke Switch, HUB ke HUB dan PC ke Router

seperti gambar dibawah dijelaskan bahwa ujung kabel yang satu dengan ujung kabel yang lainnya memiliki urutan kabel yang tidak sama, urutannya adalah :




3. Roll over

Kabel jenis ini biasa digunakan untuk menghubngkan dua perangkat jaringan dengan perangkat yang berbeda, hampir sama dengan straight throgh namun jenis kabel ini untuk menghubungkan perangkat yang memiliki konsol. Contoh : Switch to printer, Switch to infocus




sumber gambar : www.prakatatika.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "membuat kabel lan rj45"

Post a Comment