cara memasang kabel front panel pada motherboard gigabyte

Cara memasang kabel front panel pada motherboard gigabyte 
Cara Benar Memasang Kabel Front Panel (Power SW, Reset, Power Led & HDD Led) Pada Motherboard
Dalam proses merakit sebuah komputer, tentu banyak sekali hal yang harus kita ketahui terlebih dalam proses perakitan komputer, hal kecilpun bisa menjadi akibat yang berdampak besar pada keadaan komputer, khususnya yang akan saya bahas pada artikel kali ini, yaitu mengenai Cara Benar Memasang Kabel Front Panel (Power SW, Reset, Power Led & HDD Led) Pada Motherboard.

Apa itu Kabel Front Panel pada Motherboard ??

Front Panel pada motherboard adalah tempat pemasangan kabel antara cassing dengan matherboard, biasanya terdiri dari; Power On/off, Reset, HDD-LED, dan Power LED.

Front panel pada motherboard ada bermacam-macam tergantung jenis dan merk motherboard, paling sering ditemukan adalah jenis Front panel dengan 10 Pin, yaitu 9 (sembilan) titik konektor dengan dilengkapi keterangan pada titik konektor yang tersedia dan 1 Pin yang di biarkan Kosong.

Ada juga motherboard yang titik konektornya cukup banyak, namun jika menemukan motherboard jenis ini keterangan titik konektor tetap tertulis disampingnya, jadi pada dasarnya kita hanya tetap memasang Front panel itu sesuai petunjuk yang ada pada motherboard tersebut, dan dalam hal ini kemungkinan setiap motherboard berbeda-beda.

Apa Fungsi Kabel Front Panel ??

Kabel front panel terdiri dari beberapa kabel yang memiliki fungsi sendiri-sendiri, kabel-kabel tersebut diantaranya:
1. Kabel HDD, kabel ini berfungi untuk menyalakan lampu Hard Disk Drive yang sedang berkeja.
2. Kabel Power LED,  kabel power memiliki fungsi untuk menghidupkan lampu power.
3. Kabel Reset, untuk menghubungkan dengan tobol Restart yang ada di Chasing. Jadi, 
    aktifitas restart komputer anda, kabel Reset ini juga memiliki andil.
4. Kabel Power SW, Kabel ini memiliki fungsi yang cukup vital, yaitu menghubungkan 
    tombol Power yang ada pada Chasing.

Bagaimana Cara memasang Kabel Front Panel yang benar ??

Tidak dipungkiri, saat ini sudah banyak orang yang mengenal kabel front panel ini, namun masih sedikit orang yang tahu urutan pemasangan bahkan anak Teknik Komputer Jaringan sekalipun. Kabel front panel ini tidak dapat dicolokkan pada sembarang port karena jika itu dilakukan maka kabel front panel tidak akan berfungsi. Berikut akan saya berikan urutan untuk kabel front panel

Cara terbaik untuk memasang kabel tersebut adalah melihat panduannya pada buku manual mainboard. Tapi umumnya hampir semua mainboard saat ini menggunakan standar yang sama dalam peletakan pin-pin yang akan dipasangi kabel panel, walaupun saya menemukan beberapa mainboard ASUS bersocket AM2 (untuk processor AMD) menggunakan susunan yang tidak biasa. Tapi sekali lagi, itu sangat jarang ditemui.

Bagaimana cara pasangya. Agar lebih mudah saya gambarkan susunan pin yang telah saya beri nomor, ingat pin nomor 10 adalah yang kosong.

Gambar Pin Kabel Front Panel

Nah sekarang tinggal menghubungkan pasangan kabel masing-masing ke pin-pin tersebut. sesuai dengan pin yang tersedia namun dalam pemasang pin ini hal yang harus diperhatikan yaitu urutan posisi positi (+) dan Negatif (-) pada kabel :

1 - 3          Ke kabel HDD LED          (1 = + dan 3 = -) 
2 - 4          Ke kabel POWER LED    (2 = + dan 4 = -) 
5 - 7          Ke kabel RESET SW        (5 = + dan 7 = -)
6 - 8          Ke Kabel POWER SW     (6 = - dan 8 = +)

Lalu, bagaimana menemukan kabel positif dan negatif ? Untuk gampangnya lihat saja warnanya. Kabel negatif umumnya berwarna PUTIH, dan sealin warna putih semuanya merupakanh kabel Positif.

Berikut merupakan gambar Kabel Front Panel yang bianya ada pada setiap komputer yang umum digunakan dengan 10 Pin.

Gambar Kabel front Panel

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "cara memasang kabel front panel pada motherboard gigabyte"

Post a Comment