Tutorial Membuat Blog - Blogger

URUTAN TUTORIAL MEMBUAT BLOG KRITERIA ADSENSE

Biasakan tertib dalam melakukan sesuatu, seperti mempelajari tutorial ini maka mulailah dari langkah pertama. Berikut adalah urutanya :
1. Memilih nama blog
2. Mendaftarkan nama blog
3. Memunculkan menu penghasilan
4. Memasang template
5. Pengaturan navigasi blog (kriteria Google AdSense)
6. Membuat informasi kontak dan profile
7. Membuat kebijakan program
8. Mendaftar ke webmaster tools
9. Mendaftar ke Google Analytics
10.Membuat daftar isi blog

Kurang lebih gambarannya seperti itu, jadi ada 10 langkah untuk bisa membuat blog yang sesuai kriteria Google AdSense. Penulis akan membuat langkah pertama, kedua dan ketiga pada artikel ini, untuk bagian yang lain bisa sobat temukan di artikel selanjutnya.

MENENTUKAN NAMA BLOG

Untuk menentukan nama blog silahkan sobat pilih yang paling SEO Friendly karena bisa sedikit membantu memberikan kontribusi terhadap visibility blog di mesin telusur. Usahakan nama blog memiliki kandungan kata kunci dengan volume pencarian terbanyak.
Penulis memberikan sebuah contoh misalkan nama blognya direncanakan : “tutorialterdepan” maka nantinya akan menjadi tutorialterdepan.blogspot.com karena menggunakan domain gratisan dari Google dengan kata kunci yang diandalkannya adalah “tutorial”. Perhatikan langkahnya :
Tutorial membuat blog
Cara melihat volume pencarian untuk sebuah kata kunci
Terlihat pada gambar yang ditandai dengan no.1 jumlah pencarian kata kunci “tutorial” yang mencapai 1 milyar lebih. Artinya jika blog mengandung kata kunci tersebut maka akan memiliki potensi pencarian yang tinggi sehingga tidak kesulitan dalam hal mendatangkan pengunjung.

MENDAFTARKAN NAMA BLOG

Silahkan daftarkan nama blog yang sudah ditentukan di www.blogger.com, perhatikan langkah berikut ini :
tutorial membuat blog
langkah awal mendaftarkan nama blog
Tekan tombol BUAT BLOG yang ditandai dengan nomor 1.
tutorial membuat blog
memilih g+ sebagai author blog
Pilih Buat profil Google+ yang ditandai dengan nomor 2, lalu sobat akan diarahkan ke halaman G+ untuk membuat profilenya maka silahkan buat profile G+ sesuai keinginan. Profile G+ nantinya akan menjadi nama author blog, setelah selesai lanjutkan ke langkah nomor 3.
Tutorial membuat blog
Tampilan setelah pengaturan G+
Tidak ada pengaturan di halaman ini, silahkan lanjutkan dengan menekan tombol Lanjutkan ke Blogger yang ditandai dengan nomor 4.
Tutorial membuat blog
Navigasi menuju tahap akhir
Pada halaman ini sobat hanya perlu menekan tombol BUAT BLOG BARU yang ditandai dengan nomor 5.
tutorial membuat blog
Pengaturan judul dan alamat blog
Ada dua pengaturan penting pada halaman ini yaitu membuat judul blog ditandai dengan nomor 6 dan memasang nama blog pada kolom Alamat yang ditandai dengan nomor 7, setelah selesai lanjutkan dengan menekan tombol Buat blog yang ditandai dengan nomor 8.
tutorial membuat blog
Tampilan setelah nama blog selesai dibuat
Jika tidak ada masalah maka tampilan di halaman akhirnya akan seperti gambar di atas.

MEMUNCULKAN MENU PENGHASILAN (EARNING)

Hingga saat ini menu penghasilan pada dasbor blog tidak langsung muncul secara otomatis. Untuk bisa memunculkan menu tersebut maka dengan cara seting manual. Perhatikan langkahnya :
tutorial membuat blog
cara memunculkan earning
Lakukan langkah nomor 9 – 12 secara berurutan, silahkan pilih menu Setelan Bahasa dan pemformatan>Inggris (Amerika Serikat-English (United States)>Simpan setelan lalu refresh halaman atau log out setelah itu lihat lagi hasilnya di dasbor.
Tutorial membuat blog
Tampilan akhir pengaturan menu earning
Terlihat pada gambar di atas adanya penampakan menu penghasilan yang ditandai dengan nomor 13. Sampai dengan langkah ini sobat telah berhasil membuat sebuah blog, namun belum bisa digunakan karena masih memerlukan beberapa pengaturan lagi.

KESIMPULAN

  1. Alamat dan judul blog yang selaras dengan konten akan lebih memudahkan proses indexing karena termasuk bagian paling awal yang dirayapi mesin telusur.
  2. Menu penghasilan hanya dapat digunakan setelah memiliki akun Google AdSense dan bisa juga digunakan sebagai navigasi daftar Google AdSense.
  3. Jangan daftar Google AdSense sebelum blog memenuhi kriteria yang di inginkan Goole AdSense
  4. Blog gratisan yang disediakan Google ini sangat cocok untuk sobat yang masih pemula karena fiturnya sangat familiar.
  5. Teman-Teman tidak perlu memikirkan biaya domain dan hosting karena semuanya itu suah diatur oleh Goolge.

Semoga bermanfaat
salam sukses

WAJIB DIKETAHUI : Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Membuat Blog - Blogger"

Post a Comment