Cara Membuat Splash Screen Android Studio

Tutorial Cara Membuat Splash Screen Android Studio

Kali ini Halloguru akan memberikan tutorial atau cara membuat splash screen pada aplikasi android menggunakan Android Studio. Sebelum ke tutorial ada baiknya kita mengenal secara singkat apa itu splash screen. Menurut Wikipedia Splash Screen adalah elemen kontrol grafis yang terdiri dari jendela yang berisi gambar, logo, tulisan yang biasanya muncul saat program atau game diluncurkan.

Tujuan dari splash screen itu sendiri bervariasi tergantung developer program atau game masing-masing. Ada developer yang membuat splash screen di aplikasi webview (tutorial berikutnya kita akan bahas tentang webview) yang bertujuan untuk memberitahu pengguna siapa pemilik website/nama website/tujuan website tersebut. Semisal lagi beberapa game membuat splash screen yang bertujuan memberitahukan kepada pengguna tentang apakah ada update terbaru dari game tersebut atau proses loading data dari game tersebut agar menarik.

Kali ini halloguru akan memberikan contoh splash screen model text, karena lebih simple, mudah, dan tentu sedikit mengurasi size apk yang akan kita buat (walaupun tidak begitu banyak berpengaruh).

Pertama buat dulu projectnya, pilih Create Android Project

pada aplikasi name  isi bebas sesuai keinginan, kemudian company domain dll biarkan saja. Setelah next pilih API 14 pada box Phone and Tablet.

kemudian pada Add an Activity to Mobile,  cari dan pilih Empty Activity, klik next.

terkhir  tinggal pilih finish.

tunggu sampai proses building awal aplikasi selesai.

Kurang lebih ini tampilan awal aplikasi yang akan di buat splash screen.

Langkah awal kita membuat splash screen adalah menambah beberapa elemen tambahan sebagai pendukungnya, yaitu splash.java, splash.xml, dan beberapa modifikasi pada android manifest. pertama kita menambah splash.java pada app->java->package dengan cara klik kanan->new->java class kemudian beri nama Splash.

Kemudian copykan script dibawah ini di Splash.java yang di buat barusan.


Langkah berikutnya  buat file splash.xml di app->res->layout-> klik kanan, pilih new, Layout resource file

Kemudian copykan script dibawah ini ke java.xml yang di buat

terakhir modifikasi AndroidManifest.xml dengan script dibawah ini



Setelah itu coba rebuild apk tersebut setelah tidak ada yang error coba build apknya kemudian install di HP  atau  jalankan di emulator semisal nox, bluestack, jika muncul seperti berikut ini berarti telah sukses membuat splash screen.

Demikian Tutorial Cara Membuat Splash Screen di Android Studio, semoga pecinta blogger tidak bingung dan berhasil menerapkannya. 

sumber : https://csumam.blogspot.com/2018/06/tutorial-cara-membuat-splash-screen.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Splash Screen Android Studio"

Post a Comment